PURWAKARTA - Memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2020, Jasa Tirta II berbagi sembako sebanyak 4000 paket sembako ke masyarakat terdampak pandemi COVID-19 di Kecamatan Jatiluhur dan Sukasari.
Pembagian bahan pokok merupakan wujud pancasila dalam tindakan.
"Ini adalah gerakan tolong menolong dan gotong royong membantu masyarakat sekitar untuk meringankan Beban masyarakat di Kecamatan Jatiluhur dan Kecamatan Sukasari yang tidak mampu terutama di tengah pandemi COVID-19,"ucap Kepala Divisi Umum dan PKBL Jasa Tirta II Deri Damanhuri.
Jasa Tirta II juga melakukan pengibaran bendera merah putih di lingkungan kerja pada 1 Juni 2020 dan menyaksikan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo secara daring via aplikasi zoom.
Di tengah pandemi COVID-19, Hari Lahir Pancasila dapat diperingati secara berbeda, misalnya dengan menaati kebijakan pemerintah pada masa darurat COVID-19.
"Pada masa ini, kita semua harus ikut aktif dalam pencegahan dan pengendalian COVID-19. Jasa Tirta II sudah dari bulan Maret mendukung kebijakan pemerintah pada masa darurat covid-19 ini," ucap Sekretaris Perusahaan Jasa Tirta II Nandang Munandar.
Jasa Tirta II telah membentuk Gugus Tugas Penanganan COVID-19 di lingkungan Perusahaan sejak tanggal 14 April 2020 dan sudah melakukan berbagai upaya pencegahan COVID-19 seperti pemberlakukan sistem Work From Home, penyemprotan disinfektan, penutupan Kawasan Wisata Jatiluhur, larangan mudik, membuka layanan hotline, pelaksanaan rapid tes dan dan penyaluran bantuan pencegahan COVID-19 di lingkungan sekitar perusahaan.
Salah satu bentuk patriotisme di tengah pandemi ini, Jasa Tirta II sebagai BUMN pengelola sumber daya air tetap melaksanakan operasional pengusahaan dan pengelolaan SDA secara normal dengan tetap memperhatikan Protokol Pencegahan COVID-19 secara ketat.
“Guna menjaga ketahanan pangan dan energi, untuk pekerjaan kritikal seperti pemberian air untuk irigasi, air baku dan pembangkitan PLTA kita tetap melaksanakan secara full operation. Tentu dengan tetap memperhatikan kesehatan, keselamatan dan keamanan karyawan,” ucap Nandang.
Menghadapi masa The New Normal, Jasa Tirta II telah menyiapkan protokol pencegahan penyebaran COVID-19 dengan ikut mengkampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) melalui Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).
Protokol pencegahan COVID-19 yang telah diterapkan antara lain pengukuran suhu tubuh, wajib penggunaan masker, physical distancing, wajib mencuci tangan dengan sabun, penempatan hand sanitizer bagi karyawan dan tamu, penyediaan antar jemput karyawan, penyelenggaraan rapat melalui video conference, pelaksanaan rapid tes, mekanisme pengadaan barang/jasa secara online. Protokol-protokol tersebut sudah disosialisasikan di seluruh wilayah kerja dan melalui media sosial Jasa Tirta II.
"Jasa Tirta II siap mendukung upaya pemulihan ekonomi di tengah pandemi COVID-19 dengan tetap melaksanakan pengusahaan dan pengelolaan sumber daya air, perlahan membuka Kawasan Wisata Jatiluhur, Water & Renewable Energy Learning Center, dan pelaksanaan Work From Office dengan protokol kesehatan yang ketat,"kata Nandang.
Untuk mendorong keterlibatan masyarakat dalam pencegahan penyebaran virus corona, Jasa Tirta II telah memberikan bantuan alat pelindung diri (APD) untuk masyarakat di Kecamatan Jatiluhur Kabupaten Purwakarta pada 15 Mei 2020.
Bantuan yang terdiri dari 3620 masker kain, hand sanitizer 500 ml 310 botol, 7 buah alat penyemprotan desinfektan, cairan desinfektan 70 liter, 7 set westafel portabel dan 300 box AMDK Jatiluhur 240ml didistribusikan ke 7 desa di Kecamatan Jatiluhur. 7 desa tersebut ialah Desa Cilegong, Bunder, Kembangkuning, Cibinong, Mekargalih, Cisalada dan Parakanlima.
Sebelumnya, pada tanggal 29 April 2020, Jasa Tirta II bersama 13 BUMN lainnya yang tergabung dalam Satgas Covid-19 Kementerian BUMN Wilayah Jawa Barat menyerahkab bantuan Alat Pelindung Diri (APD) yang diterima langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Cicendo Bandung.
Total bantuan APD yang diberikan Jasa Tirta II diantaranya masing-masing 100 buah pakaian hazmat, kaca pelindung, sarung tangan, hair cap, cover shoe dan 3000 masker medis. APD tersebut nantinya akan disalurkan untuk tenaga medis di Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Provinsi Jawa Barat.
Secara mandiri Jasa Tirta II juga telah menyalurkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga medis di Rumah Sakit Bayu Asih (RSBA) Purwakarta melalui Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid 19 Kabupaten Purwakarta.
Bantu yang diserahkan berupa 50 set alat pelindung diri (APD), setiap 1 Set APD terdiri atas masker N95, sepatu boot, sarung tangan, face shield, hair cap dan baju hazmat serta dua unit bilik disinfektan.
Kepala Divisi Umum & PKBL Deri Damanhuri mengharapkan bantuan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat untuk menanggulangi penyebaran Covid 19.

Berita Lainnya: