Purwakarta – Bupati Bandung Dadang M. Nasser bersama Dandim 0609 Letkol ARH A. Andre Wira, dan jajaran pejabat dari Pemerintah Kabupaten Bandung, melakukan kunjungan kerja ke Perum Jasa Tirta II (PJT II), (06/02).

Bupati mengatakan, tujuan kedatangannya bersama rombongan tersebut, yakni untuk meningkatkan sinergitas program dan kegiatan terkait optimalisasi penanganan Program Citarum Harum.

“Kawasan hulu Sungai Citarum, ada Situ Cisanti, kawasan Cisanti akan diperkuat menjadi arboretum untuk mengembalikan fungsi vegetasi dengan penanaman kembali tanaman endemik yang sudah hilang”, ucapnya.

Dia menambahkan, akan mengajak berbagai instansi-instansi yang berada di Jawa Barat ikut berperan aktif melakukan penanaman pohon, dan sekaligus untuk membangun kesadaran seluruh pihak terhadap lingkungan hulu sungai citarum.

Tujuan penanaman bibit pohon di sekitar Situ Cisanti, tidak lain untuk menjaga kelestarian alam di hulu Sungai Citarum, dan pemerintah sudah menggulirkan beberapa program yakni SATAPOK (Sabilulungan Tanam Pohon Kesayangan). Konsep pohon yang ditanam wajib hidup dan harus ada pemiliknya, karena pohon tersebut harus dipelihara. Dalam waktu enam bulan pohon tersebut tumbuh akan diberikan sertifikat pohon, dan diakhir tahun akan ada nilai tunai, serta satu pohon akan diganti sebesar 100 ribu dari dana CSR sesuai dengan konsep Leuweng Hejo Rakyat Ngejo”, terangnya.

Kedatangan Bupati beserta rombongan di sambut hangat di Istora kawasan Grama Tirta Jatiluhur oleh Direktur Utama PJT II Djoko Saputro dengan didampingi Direktur I Sumyana Sukandar, dan Direktur II Harry M Sungguh.

Dikesempatan tersebut Djoko Saputro menjelaskan tentang Perum Jasa Tirta II serta wilayah kerjanya. Wilayah kerja PJT II mencangkup 74 Sungai dan Anak Sungai yang menjadi Kesatuan Hidroligis di Jawa Barat bagian utara. Cakupan wilayah kerja PJT II berada di wilayah sungai citarum dan sebagian wilayah sungai Ciliwung-Cisadane yang mencakup daerah seluas +- 12.000 Km2, ucap Djoko.

Diakhir kunjungan Dadang M. Nasser bersama rombongan menyempatkan diri untuk mengunjungi ke PLTA Ir. H. Djuanda.  


Berita Lainnya: