Purwakarta – Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, S.H, M.Tr (Han), melakukan penandatanganan MoU (Memmorandum of Understanding) dengan Dirut (Perum Jasa Tirta) PJT II Djoko Saputro. Penekenan MoU ini dilakukan pada hari Senin, 9 Juli 2018 di Kawasan Restoran Istora Jatiluhur Kabupaten Purwakarta.

Lingkup MoU ini meliputi  koordinasi pengamanan, pendampingan, pengelolaan, pengoperasian pengusahaan, serta pemulihan maupun peningkatan ekosistem sumber daya alam di wilayah kerja PJT ll. Terpenting dalam MoU ini semua pihak, diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas keterlibatannya, dalam hal peningkatan keberlanjutan fungsi DAS Citarum bagi kesejahteraan warga.

Djoko Saputro dalam kesempatan ini mengatakan, kontribusi garapan kerjanya berupa pasokan air minum bagi warga Jabar dan DKI Jaya, sangatlah vital dan strategis. "Ke depan, kinerja kami melalui MoU ini diharapkan lebih meningkat lagi."

Pada kesempatan ini Pangdam III/Siliwangi menyampaikan: ”Permasalahan DAS Citarum tidak bisa diselesaikan dengan cara sepihak, atau dua pihak saja. Melainkan, permasalahan ini harus kita identifikasi dan kerjakan mulai dari hulu hingga hilir sungai. Persoalan ini sejatinya, tidak bisa dilakukan secara sepotong – sepotong ."

Diketahui, di antara tugas  pokok PJT II, khusus  dalam konteks pemanfaatan air sebagai komoditas  usaha BUMN, idealnya harus  selaras upaya penyelematan ekosistem. Apabila ada kendala di lapangan, hendaknya dapat dicari solusinya secara komprehensif, Diketahui pula, nasib DAS Citarum berkaitan dengan nasib puluhan juta populasi warga Jabar yang tinggal di bantarannya.

Turut hadir pada kegiatan ini Sekretaris PJT II, Danrem 063/SGJ, Irdam, Aren, Para Dansektor Satgas Citarum Harum,  para Asisten, para Kabalakdam III/Siliwangi, Dandim,  dan Kapolres Purwakarta.


Berita Lainnya: