“Go Green, Eco Tourism, Great Indonesia, Save Earth”, tema yang diangkat Perum Jasa Tirta II dalam acara Peduli Lingkungan Perum Jasa Tirta II pada hari Senin, 19 Desember 2016 di area Istora Kawasan Wisata Grama Tirta Jatiluhur.

Selain merupakan sebuah momentum dalam rangka mengembalikan fungsi lingkungan di sekitar Waduk Ir. H. Djuanda sebagai daerah penyangga lingkungan perairan, kegiatan ini juga sebagai bentuk rasa syukur karena seluruh program kerja sepanjang 2016 tercapai.

“Berbuat baik dengan alam, lingkungan ini telah memberikan berkah luar bisa untuk kita,” ujar Djoko Saputro, Direktur Utama Perum Jasa Tirta II dalam sambutannya.

Juga disampaikan kegiatan penanaman pohon telah dilakukan Perum Jasa Tirta II dibeberapa lokasi antara lain Daerah Pasir Banteng, Cikao, Daerah Cipariuk, Pamudingan dan berbagai Daerah Aliran Sungai di Purwakarta, Subang, Karawang dan Bekasi. Pada tahun 2017, kegiatan penanaman pohon akan dilaksanakan di seluruh wilayah kerja Perum Jasa Tirta II dengan jumlah pohon sebanyak 50.0000 dari berbagai jenis tanaman.

Tiga kegiatan utama pada acara kali ini adalah, Penanaman Pohon Langka seperti Duren Merah, Matoa, Huni, Jamblang, Ceremai dan Nangka. Pelepasan Burung Tekukur, Perkutut, Puter, Dederuk dan Kerak. Dan juga Penebaran Benih Ikan berupa tebar benih ikan Nilem, Lalawak, Tembakang, Tawes, dan Sepat.

Dilakukan pula penandatanganan prasasti Citarum Bersih dan perjanjian kerjasama (MoU) terkait pemanfaatan dan penataan lahan pengairan/irigasi dengan para bupati dan walikota disepanjang wilayah teraliri air Jatiluhur.

Perum Jasa Tirta II berharap agar sinergitas antar stakeholders dalam menjaga lingkungan Bendungan Ir. H. Djuanda pada khususnya dan WS Citarum pada umumnya dapat lebih ditingkatkan.

Tampak hadir dalam acara tersebut Bupati Purwakarta, perwakilan Kementerian PUPR Lucky Korah, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Ekonomi Infrastruktur Kemaritiman, Sekretariat Wakil Presiden Tirta Hidayat dan Wakil Walikota Bekasi H Ahmad Syaikhu.(humas_cnn)

Berita Lainnya: