Network of Asia River Basin Organization (NARBO) merupakan suatu jaringan kerja sama antara badan pengelola sungai (River Basin Organization) di Asia dalam mewujudkan pengelolaan sumber daya air secara terpadu (Integrated Water Resources Management /IWRM)

Tujuan NARBO adalah Untuk membantu pencapaian pengelolaan sumber daya air secara terpadu (Integrated Water Resources Management / IWRM) yang bermaksud untuk memperkuat kapasitas dan efektiftas badan pengelola sungai dalam melaksanakan pengelolaan sumber daya air secara terpadu melalui pelatihan, pertukaran informasi dan pengalaman antar anggotanya.

Dalam rangkaian the 6th General Meeting Narbo dimana Indonesia menjadi tuan rumah, perwakilan oleh insitusi Pemerintah maupun organisasi wilayah sungai (RBO/River Basin Organization) baik dari dalam negeri maupun luar negeri seperti dari Japan, Korea Selatan, Philippines, Thailand, Sri Lanka, Malaysia, Vietnam, Bangladesh dan Lao PDR melaksanakan field trip ke Hutan Narbo dan Bendungan Ir. H. Djuanda yang dikelola oleh Perum Jasa Tirta II.

Kali Kedua, Perum Jasa Tirta II sebagai penyelenggara setelah sebelumnya tahun 2006 juga menerima kedatangan para peserta NARBO. “Hutan NARBO merupakan salah satu wujud kepedulian NARBO dan Perum Jasa Tirta II dalam menggalakkan program pemerintah saat ini yaitu Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GNKPA),” ujar Direktur Utama Perum Jasa Tirta, Djoko Saputro.

Pada kesempatan ini, lanjut Djoko, juga dilakukan penanaman 150 pohon yang dilakukan oleh semua peserta general meeting. "Manfaat yang sudah terasa. Wilayah sini lebih hijau juga dan menjadi kawasan rekreasi dan dipercantik menjadi kawasan wisata," imbuh Djoko

General Meeting Narbo terselenggara atas kerjasama Asian Development Bank (ADB), Japan Water Agency (JWA), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR), Perum Jasa Tirta I (PJT I) and Perum Jasa Tirta II (PJT II).(humas_cnn)

Berita Lainnya: