Purwakarta – Perum Jasa Tirta II (PJT II) menyalurkan pinjaman lunak dengan total nilai sebesar Rp 768 Juta kepada 35 Mitra Binaan melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) di Gedung Istora kawasan Wisata Jatiluhur, (27/12).

35 mitra binaan tersebut meliputi wilayah Purwakarta, Karawang, Subang, dan Cirebon, dengan berbagai sektor usaha mulai dari perdagangan, Pertanian, Peternakan, Perikan, dan Jasa. Pemilihan calon mitra binaan ini telah melalui proses ketat dengan melakukan survei yang dilaksanakan oleh pengelola PKBL. Hanya mitra binaan yang telah memenuhi syarat yang berhak mendapatkan pinjaman lunak dari program PKBL ini.

Direktur 1 Perum Jasa Tirta II, Sumyana Sukandar dengan didampingi Manager PKBL, Wawan Gusirwana saat memberikan sambutan berharap dengan adanya dana pinjaman ini dapat memberikan tambahan modal sehingga dapat merangsang pertumbuhan Usaha Kecil Menengah (UKM) menjadi usaha yang mandiri. Dan mengingatkan kepada mitra binaan yang mendapatkan bantuan untuk ada kepedulian mengembalikan cicilan setiap bulannya, sebab dana ini akan digulirkan kembali. Jika pengembalian pinjaman macet, maka dipastikan berdampak pada penerima bantuan periode berikutnya, ujarnya.

Guna mempermudah proses pembayaran angsuran dan sekaligus sebagai monitoring piutang mitra binaan serta untuk perlindungan usaha, maka PJT II bekerjasama dengan Bank BRI Purwakarta dan Asuransi Bumiputera.

Sebelum mendapatkan pinjaman, para mitra binaan terlebih dahulu diberilkan pembekalan berupa Kewirausahaan serta penjelasan mengenai Pemasaran dan Perkembangan Usaha.


Berita Lainnya: