Perum Jasa Tirta II (PJT II) mengadakan Seminar Nasional sebagai rangkaian kegiatan peringatan HUT Ke 51 yang jatuh pada tanggal 26 Agustus 2018 yang lalu. Bertempat di Auditorium Kementerian PUPR, pada Rabu, 12 September 2018 Seminar dengan tema “Peran BUMN dalam Mendukung Program 100-0-100 di Bidang Air Minum” ini dibuka langsung oleh Menteri PUPR, DR. Ir. M. Basuki Hadimuljono, M.Sc dan dihadiri oleh pejabat di lingkungan Kementerian PUPR, Kementerian BUMN, anggota Perpamsi, Stakeholder dan kalangan akademisi.

Hadir sebagai narasumber Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi dan Investasi Kementerian PUPR, Ir. Mochammad Natsir, M.Sc; Asisten Deputi Infrastruktur SDA Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Ir. M.Zainal Fatah, Aktivis PERPAMSI, Purwoko Hadi dan Direktur Utama PJT II, Djoko Saputro.

Sebagai BUMN Pengelola SDA, PJT II merupakan BUMN pertama yang terlibat dalam mendukung program 100-0-100 yang artinya yaitu Akses air minum 100% aman, 0% pemukiman kumuh dan 100% akses sanitasi layak.

Salah satu upaya untuk mewujudkan program 100-0-100 ini, Dirjen Cipta Karya sudah menyiapkan beberapa program strategis diantaranya adalah meningkatkan akses masyarakat terhadap air minum dengan membangun beberapa Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM). SPAM yang saat ini sedang proses diantaranya adalah SPAM Regional Jatiluhur I dengan kapasitas 5.000 liter per detik, melalui skema KPBU atas prakarsa badan usaha (unsolicited) dengan PJT II sebagai Penanggung Jawab Proyek Kerjasama atau PJPK.

Proyek SPAM Jatiluhur I ini, sebanyak 80% dari alokasi air yang ada, akan melayani sebagian wilayah DKI Jakarta, melalui PAM Jaya. Sedangkan 20% sisanya untuk melayani wilayah Kabupaten Karawang, Kabupaten Bekasi dan Kota Bekasi melalui PDAMnya masing-masing. Total tambahan penduduk terlayani sebanyak 2 juta jiwa.

Berita Lainnya: