Komponen pokok pada PLTA adalah turbin dan generator yang mengubah energi potensial air menjadi energi gerak, menjadi energi listrik.

Pemeliharaan turbin pada Pembangkit tenaga listrik tenaga air (PLTA) perlu dilaksanakan sesuai SOP yang telah ditentukan. Pemeliharaan ini untuk menjaga keandalan mesin pembangkit agar tetap stabil sehingga lancar dalam beroperasi.

Demikian juga dengan PLTA Ir. H. Djuanda Perum Jasa Tirta II yang melakukan pemeliharaan berkala ( overhaul) untuk meningkatkan daya mampu, keandalan dan efisiensi turbin.

Kegiatan overhaul Plta Ir. H. Djuanda kali ini pada turbin unit 1 yang telah mencapai 40.000 jam, dilaksanakan mulai hari Jumat, 16 September 2016.

Direktur Utama, Djoko Saputro didampingi Direktur I Sumyana Sukandar dan Direktur II Harry M. Sungguh sempat memberikan arahan sebelum dimulainya kegiatan yang dipimpin langsung oleh General Manajer Unit Usaha PLTA, Agus Kusnadi.

Pemeliharaan yang rencananya rampung dalam 1 bulan ini dikerjakan langsung oleh bagian mekanik, elektrikal dan instrumen Unit Usaha PLTA.

Diharapkan kegiatan overhaul ini dapat berjalan lancar sehingga unit 1 yang memiliki output 35 MVA ini dapat beroperasi kembali.(humas_cnn)

Berita Lainnya: