Tentang Tugas & Tanggung Jawab PPID berdasarkan Keputusan Direksi Perusahaan Umum Jasa Tirta II Nomor : 1/DIR/10/KPTS/2017 Tanggal 23 Januari 2017


A. Tugas dan Tanggung Jawab Atasan PPID :

1. Menunjuk PPID dan menetapkan standar prosedur operasional atau pedoman layanan informasi publik.

2. Melakukan supervisi atas kinerja PPID serta berperan sebagai penentu akhir pengambilan kebijakan apabila muncul masalah dalam pengelolaan dan pelaksanaan layanan informasi;

3. Memberikan tanggapan dalam bentuk keputusan tertulis yang disampaikan kepada pemohon informasi publik yang mengajukan keberatan atau pihak yang menerima kuasa selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari kerja sejak dicatatnya pengajukan keberatan tersebut dalam register keberatan;

4. Menyediakan sarana dan prasarana layanan informasi, termasuk papan pengumuman, ruang layanan informasi dan meja informasi serta situs resmi layanan informasi;

5. Melakukan evaluasi dan pengawasan terhadap pelaksanaan layanan informasi;

6. Mewakili perusahaan di dalam proses penyelesaian sengketa di Komisi Informasi dan Pengadilan atau mewakili kepada kuasanya;

B. Tugas dan Tanggung Jawab Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi :

1. Mengkoordinasikan penyimpanan dan pendokumentasian seluruh informasi publik yang berada di perusahaan;

2. Menunjuk Petugas Informasi dan Dokumentasi melalui surat penugasan Sekretaris Perusahaan selaku PPID untuk membantu layanan informasi publik di lingkungan kantor pusat Perum Jasa Tirta II;

3. Mengkoordinasikan pengumpulan seluruh informasi publik secara fisik dari setiap unit kerja yang meliputi informasi yang wajib disediakan dan diumumkan secara berkala, wajib tersedia setiap saat, dan informasi terbuka lainnya yang diminta pemohon informasi publik;

4. Mengkoordinasikan pendataan informasi publik secara fisik dari setiap unit kerja di Perum Jasa Tirta II dalam rangka pembuatan dan pemuktahiran Daftar Informasi Publik setelah dimutakhirkan oleh PPID Pelaksana sekurang-kurangnya 1 (satu) kali dalam setahun;

5. Mengkoordinasikan penyediaan dan layanan informasi publik secara efektif melalui media sehingga pengumuman dan/atau permohonan dapat dijangkau seluruh pemangku kepentingan;

6. Melakukan uji konsekuensi atas daftar informasi yang dikecualikan sebagaimana diatur dalam Pasal 19 Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik;

7. Menolak permohonan informasi publik secara tertulis apabila informasi publik yang dimohon termasuk informasi yang dikecualikan dengan disertai alasan secara jelas dan tegas serta pemberitahuan tentang hak dan tata cara bagi pemohon untuk mengajukan keberatan atas penolakan tersebut;

8. Menghitamkan atau mengaburkan informasi publik yang dikecualikan beserta alasannya;

9. Mengkoordinasikan dan memastikan agar pengajuan keberatan diproses berdasarkan prosedur penyelesaian keberatan apabila permohonan publik ditolak;

10. Menugaskan PPID Pelaksana di bawah wewenang dan koordinasinya untuk membuat, memelihara, dan/atau memutakhirkan Daftar Informasi Publik secara berkala sekurang-kurangnya 1 (satu) kali dalam 1 (satu) tahun;

11. Mengkoordinasikan unit kerja di lingkungan Perum Jasa Tirta II dalam rangka melaksanakan layanan informasi publik dan penyelesaian sengketa informasi jika ada;

12. Membuat laporan tahunan layanan informasi publik secara tertulis dan dilaporkan ke Atasan PPID serta salinan laporan disampaikan ke Komisi Informasi.

C. Tugas dan Tanggung Jawab Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Pelaksana :

1. Membantu PPID dalam menyimpan, mengklasifikasikan, dan menyediakan informasi serta dokumentasi;

2. Menunjuk Petugas Informasi dan Dokumentasi melalui surat penugasan General Manajer selaku PPID Pelaksana untuk membantu layanan informasi publik di lingkungan unit usaha Perum Jasa Tirta II;

3. Melakukan pemantauan terhadap penerapan layanan informasi publik di lingkungan unit usaha Perum Jasa Tirta II;

4. Mengkoordinasikan pengajuan keberatan informasi jika ada, diproses berdasarkan prosedur penyelesaian keberatan apabila permohonan publik ditolak;

5. Menugaskan Petugas Informasi dan Dokumentasi untuk membuat, memelihara, dan/atau memutakhirkan Daftar Informasi Publik sekurang-kurangnya 1 (satu) kali dalam setahun;

6. Menugaskan Petugas Informasi dan Dokumentasi membuat laporan layanan informasi publik sebagaimana dimaksud dalam huruf B angka 11;

D. Tugas dan Tanggung Jawab Petugas Informasi dan Dokumentasi

1. Menguasai pengetahuan mengenai peraturan perundang-undangan yang terkait dengan Keterbukaan Informasi Publikdan layanan informasi publik sebagaimana diatur dalam Peraturan Direksi tentang Standar Prosedur Operasional Layanan Informasi Publik di lingkungan Perusahaan Umum Jasa Tirta II;

2. Memberikan layanan terhadap pemohon informasi publik baik yang datang langsung dan/atau melalui surat, fax, email, website dan media sosial digital;

3. Memberikan penjelasan tentang layanan informasi publik terhadap pemohon informasi publik baik yang datang langsung dan/atau melalui surat, fax, email, website dan media sosial digital;

4. Membuat, memelihara, dan/atau memutakhirkan Daftar Informasi Publik sekurang-kurangnya 1 (satu) kali dalam setahun;

5. Membuat buku registrasi permohonan informasi dan keberatan atas informasi yang diberikan;

     6. Membuat laporan layanan informasi publik sebagaimana dimaksud dalam huruf C angka 6.