Purwakarta – Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan Republik Indonesia melakukan kunjungan ke Perum Jasa Tirta (PJT) II dalam rangka uji penilaian Sumber Daya Alam (SDA) energi terbarukan berupa aliran dan terjun air (PLTA) di wilayah Bendungan Ir. H. Djuanda, Senin (25/06).

Tim penilai DJKN diterima oleh Manajer Humas PJT II, Anita Ekayanti di ruang rapat jatiluhur Kantor Pusat , dan sekaligus dilakukan presentasi singkat tentang gambaran umum pengusahaan dan tarif listrik oleh Eef Syaeful Amien, selaku Special Expertise TK.I Bidang Pengusahaan & Pelayanan Pelanggan.

Tim DJKN yang dipimpin M. Nahdi Kepala Subdirektorat Penilaian Bisnis dan SDA menjelaskan maksud dan tujuan diadakannya kegiatan riset penilaian SDA ini. Dimana SDA di Indonesia melimpah, namun sampai saat ini belum ada laporan yang dapat menggambarkan kuantitasnya. Oleh karena itu Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan Republik Indonesia sedang membangunnya, salah satunya membuat laporan potensi fiskal SDA, ujarnya.

Dalam uji penilaian SDA yang di dampingi Manajer Perencanaan, Operasi, Pemeliharaan & Usaha PLTA, Budiyo beserta tim ini, tim penilai DJKN melakukan kunjungan lapangan ke lokasi PLTA Ir. H. Djuanda guna melihat secara langsung pengoperasian dan produksi pembangkit listrik dengan tenaga generator yang dihubungkan dengan turbin.

Kegiatan lapangan ini selanjutnya akan digunakan Direktorat Penilaian sebagai bahan simulasi penilaian SDA energi terbarukan (PLTA) dalam rangka menentukan potensi ekonomi sebagai langkah awal dari laporan SDA.

Berita Lainnya: