JATILUHUR  – Memperingati Hari Habitat Dunia (HHD) dan Hari Kota Dunia (HKT), Jasa Tirta II diberi tugas menyediakan lokasi di kawasan Jatiluhur sebagai tempat acara puncak HHD dan HKT Tahun 2019 pada 30 – 31 Oktober 2019 serta secara aktif berpartisipasi menyukseskan acara tersebut.

Pemilihan Waduk Ir. H. Djuanda Jatiluhur dikarenakan keberhasilan Jasa Tirta II selaku BUMN pengelola SDA yang telah membersihkan badan air sungai citarum dengan program padat karya bersama masyarakat.
Waduk yang berusia 52 tahun telah berubah dari yg penuh gulma menjadi perairan eksotis dan penuh manfaat sehingga senantiasa terjaga fungsi-fungsi teknis waduk untuk ketahanan air Nasional.

“Menjadi kehormatan dan kebanggaan bagi Jasa Tirta II, Waduk Jatiluhur dipilih sebagai lokasi Acara Puncak Peringatan Hari Habitat Dunia dan Hari Kota Dunia Tahun 2019. Pemilihan Waduk Jatiluhur sangat tepat, karena kami sudah bekerja keras menata dan menjaga kebersihan Waduk Jatiluhur agar dapat dinikmati keindahan alamnya,” ucap Direktur Utama Jasa Tirta II U. Saefudin Noer.

Acara yang diisi antara lain dengan pameran ini diinisiasi oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya dengan tema “Generasi Masa Depan, Generasi Peduli Sampah“. Tema ini menunjukan pentingnya menanamkan semangat kepada generasi muda untuk peduli lingkungan demi masa depan yang lebih baik. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika hadir pada puncak peringatan HHD dan HKD Tahun 2019 di Waduk Jatiluhur dan ikut menyukseskan acara tersebut. 

Sejalan dengan tema tersebut, Jasa Tirta II terus bekerja keras untuk mengkampanyekan Gerakan Sungai menjadi Halaman Depan . 

“Kita mengajak seluruh masyarakat untuk ikut menjaga sungai kita karena air merupakan Zat yang sangat penting bagi kehidupan manusia baik saat ini maupun masa yang akan datang,” kata Saefudin Noer. 

Saefudin berharap peringatan Hari Habitat Dunia dan Hari Kota Dunia dapat memberi inspirasi untuk kita semua, khususnya untuk Jasa Tirta II dalam pengelolaan sampah sehingga tidak mengotori dan mencemari Sumber Daya Air.

Saat ini, Jasa Tirta II sedang dalam proses transformasi perusahaan dalam aspek seperti People & Organization Development dengan optimalisasi Human Capital, Business Process Optimization dengan beberapa lini bisnis antara lain energi, lahan dan properti, eco-tourism, education dengan Water & Power Center, ICT (information communication technology), New Business Areas & Asset Optimization.

“Untuk mewujudkan strategi tersebut, Jasa Tirta II membutuhkan Regulatory Transformation sehingga dapat optimal dalam pengelolaan sumber daya yang ada untuk kepentingan Negara,”ungkapnya. 

November mendatang, untuk menikmati keindahan alam Waduk Jatiluhur sekaligus sebagai sarana mempromosikan pariwisata di Jatiluhur, Jasa Tirta II akan menggelar The 1st International Jatiluhur Jazz Festival pada 30 November – 1 Desember 2019 di Pelabuhan Biru Waduk Jatiluhur Purwakarta. 

The 1st International Jatiluhur Jazz Festival 2019 merupakan kolaborasi musik dari beberapa genre dengan sentuhan jazz, yang akan menampilkan artis/musisi nasional dan musisi internasional. Disamping itu, festival ini juga akan menampilkan band-band dari Jawa Barat terutama dari Purwakarta. 

Dengan mengusung Tema Green Water & Life, event ini menjadi bagian dari kampanye untuk menjaga lingkungan dan air bagi kehidupan sesuai dengan semangat Hari Habitat Dunia & Hari Kota Dunia Tahun 2019 ini.

Berita Lainnya: